Workshop Meraih Mimpi

10/14/09

Workshop Meraih Mimpi




[Jakarta 7/30/09 10:15 AM by hizkia]
Beberapa waktu yang lalu saya tertarik untuk mengikuti workshop meraih mimpi di JCC. Kenapa? sudah lama ingin menyaksikan karya anak bangsa ini, langsung dr mulut sang sutradar [Phill Mitchel]. Sebelum berlangsung perlu konfirm lewat email di IFW. Singkatnya jadilah saya ikutan. :)


Dalam workshop tersebut, kebuka pikiran saya. Si Phill membawakan presentasi dlm bahasa Inggris dengan sangat memukau. Juga Moderator waktu itu (dewi) dan pembicara Daniel Harjanto ikut mengisi. Kalau translate suara, jujur, saya tidak tertarik. Secara baru dikasi ngisi suara 1 film saja, mereka kebanyakan cerita, gak sadar kalo yg nonton para animator :D. Tanya jawab juga oke. Saya dapat 2 kali waktu untuk bertanya. Dan, wesss..gak sia-sia waktunya.

MEnjelang istirahat, saatnya berburu CD gratis di booth pameran. Selain menampilkan berbagai karya kreatif anak bangsa, pameran INAICTA 2009 kali ini juga kembali melombakan film animasi bikinan lokal. Hebring dan kasatmata salah satu finalisnya. Saya sangat beruntung karena sehabis workshop masih berbincang dengan Bapak Daniel Harjanto (technical Director MM). Dari beliau saya sempat menyedot beberapa pertanyaan yang terlihat haus dari otakku, hehehe. Thanks Sir! Atas waktunya yang singkat namun sangat berharga itu.

Berikut saya share hasil presentasi dr Phill:

Speaker:
Phil Mitchell, Animation Film Director, "Sing to the Dawn".

CG Teatherical Feature
80 Minutes
1492 Shoot in 82 Squence
Approx 2 year turn around
In Experienced Crew
Low Budget (50M)
6 Bulan R&D
2 tahun breakdown
Pra Produksi 6 bulan modelling/pra visual
Produksi 12 bulan

Modelling Must Provide
Reliability
Rapid work throughtput
konsisten
ekonomis
flexibility

Modeller
4 Character modeller
3 Environment modeller
2 Vehicle modeller
*dikerjakan 6 bulan

Model
Human>65
Animals>39
Lokasi>19
Inventori>17
Bunga>16
Vehicle>15
Gedung>43
Candi>16
Terrain>29
Lokasi>47

Rigging Character Type
3 Rigging template
Biped manula,monyet,quadbiped,sun bear,kakaktua.
4 Rigging Level
Low Resolution checking volume
Medium Res
Anim Quality Control
High Res
Final Render

0 komentar :