Menanam Animator, Mengunduhnya Kemudian

10/10/13

Menanam Animator, Mengunduhnya Kemudian


Image: http://www.lettersofnote.com/2010/06/how-to-train-animator-by-walt-disney.html


Dulu, banyak Animator handal (terutama 2D), sayang Industrinya belum siap. Sekarang, Industrinya "melambai-lambai", giliran animatornya "belum siap". Banyak studio susah menemukan yg benar-benar siap produksi.

Sebagian praktisi mungkin menyalahkan akademisi yg kurang mahir dalam menyiapkan animator lewat SMK atau jenjang yang lebih tinggi. Akademisi bahkan sebagian kurang menguasai materi, terutama yg tidak pernah bekerja/mengalami produksi. Sedangkan Akademisi mungkin saja bisa menyalahkan para praktisi yang "tidak mau turun gunung" ikut menyiapkan profesional. Ujungnya, semua menyalahkan pemerintah? Asosiasi?

Ini sebuah indikasi untuk SHARING LEBIH GENCAR, buku, video, blog, dll. Yang lebih dulu senior sebaiknya "Mengalah" untuk mengawalinya, yang junior bertanya lebih aktif, kritis.

SHARINGMU adalah manfaat dimasa depan. KONTRIBUSIMU adalah modal! Bagaimana mungkin bikin negara tanpa rakyat? Bagaimana mungkin membangun sebuah ekosistem industri tanpa berbagi? Meminum/menuai MADU memang enak, segar, dan nikmat. Melangkah dan bekerjasama dalam PROSES adalah bagian dari SEJAHTERA.#baiklah

0 komentar :